Pemerintah Kabupaten Blitar untuk kesekian kalinya menjalin kerjasama dengan beberapa BUMN untuk melaksanakan tertib admnistrasi. Kali ini, bekerjasama dengan PT. Taspen dalam hal tertib administrasi pengelolaan gaji di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar. Beberapa program telah dilaunching oleh PT.Taspen guna mendukung upaya penertiban pengelolaan keuangan pada pemerintah daerah diantaranya tertib pengelolaan gaji. Hal ini mengemuka pada kegiatan Bimbingan Teknis Penatausahaan Pengelolaan Gaji Daerah Kabupaten Blitar Tahun 2016 di Hotel Puri Perdana, Rabu (3/2).
Drs, Mahadin CU, MM, Kepala BPKAD Kabupaten Blitar dalam laporannya mengungkapkan, tujuan diadakan Bimtek tersebut antara lain tertib administrasi keuangan sehingga kewajaran keuangan bisa tercapai. Juga tata kelola gaji yang baik bisa terwujud. Untuk peserta Bimtek yang didakan sehari tersebut diikuti oleh PNS pengelola gaji diseluruh SKPD termasuk kecamatan.
Sementara itu, Asisten Administrasi Umum, Drs. Miftachudin saat membacakan sambutan Sekretaris Daerah menuturkan, kerjasama dengan PT.Taspen diharapkan bisa dilanjutkan dan bisa lebih baik lagi. Belanja pegawai harus tertib dan teratur. Kendati menggunakan aplikasi SIM gaji , diharapkan aplikasi tersebut mudah dipahami dan akurat.
Usai penandatanganan surat perjanjian kerjasama terkait penggunaan SIM gaji antara Pemerintah Kabupaten Blitar dan PT.Taspen, Kasija, SE, Kepala PT.Taspen Cabang Kediri dalam sambutannya menyampaikan, PT. Taspen merupakan salah satu BUMN dari 119 BUMN yang ada di Indonesia yang mendapat peringkat satu dalam transparansi pelayanan publik. Program yang telah diluncurkan oleh perusahaan berplat merah ini antara lain; yang pertama tentang pengelolaan gaji di seluruh Indonesia dengan menggunakan aplikasi SIM gaji. Ini merupakan bentuk service dari PT.Taspen. Yang kedua tentang program klaim layanan yang bekerjasama dengan BKD. Ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan terutama bagi para PNS yang sudah purna tugas (pensiun). Mereka yang pensiun tidak perlu lagi untuk sibuk mengurus uang pensiun namun cukup d rumah, pensiun tersebut secara otomatis masuk rekening. Untuk program yang ketiga yakni launching mobil layanan PT.Taspen. Layanan yang baru berlangsung sekitar 1 tahun ini sementara masih terdapat 1mobil layanan. Artinya jadwal mobil layanan bergiliran. Mobil layanan wilayah Blitar pada hari Rabu. Sehingga dengan mobil layanan ini diharapkan bisa efektif,. Program yang keempat yakni, service point. PT. Taspen berharap, pemerintah Kabupaten Blitar bisa menyediakan ruangan khusus sebagai tempat pelayanan. Selain itu adanya aplikasi mobile Taspen. Aplikasi ini hanya bisa dimanfaatkan oleh pengguna handphone android. Program PT.Taspen yang lain dalam melayani PNS yakni dengan call centre yang berfungsi selama 24 jam.
Dalam kesempatan tersebut, Kasija, SE juga menerangkan, webbase aplikasi terkoneksi dengan SIM gaji paralel selama 3 bulan. Bimtek kali ini sifatnya pematangan. Harapannya, para peserta bisa menyerap materi yang disampaikan. Sehingga tertib gaji bisa tercapai.